Makanan Khas Jogja

Gudeg

Makanan khas Jogjakarta yang pertama ini pasti tidak terdengar asing, bukan? Siapa yang tidak tahu makanan khas Jogja yang ini. Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Makanan khas jogja ini memiliki warna coklat yang biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg biasanya dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.

 Krecek

Nah, makanan khas Jogja berikutnya juga biasa disajikan bersamaan dengan Gudeg, Toppers. Krecek adalah kerupuk kulit yang dimasak bareng bersama sambel dan memiliki rasa pedas dan gurih yang dominan. Banyak orang yang suka memakan Krecek bersama Gudeg karena menghasilkan perpaduan rasa manis pedas yang unik.

Bakpia Pathuk

Kalau sedang berada di Jogja dan ingin membawa oleh-oleh khas Jogjakarta untuk keluarga dan teman, tak perlu bingung, Toppers! Hal ini karena ada makanan khas Jogjakarta yang bernama Bakpia Pathuk! Bakpia Pathuk adalah kue berbentuk bulat pipih, terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, yang dibungkus dengan tepung, lalu dipanggang. Nah, makanan khas Jogja ini paling sering dijadikan oleh-oleh untuk diberi ke teman atau keluarga oleh para turis, Toppers.

Oseng-oseng Mercon

Bagi kalian yang paling suka dengan pedas, kalian wajib mencicipi makanan khas Jogjakarta berikut ini! Oseng-oseng Mercon mendapat namanya karena terkenal sangat pedas, Toppers! Oseng-oseng Mercon adalah daging sapi yang dimasak bersama sambel yang sangat banyak sehingga memiliki rasa pedas yang khas. Tapi, untuk kalian yang takut pedas, tidak perlu takut. Karena, kamu tetap dapat memesan makanan khas Jogja ini tanpa cabai kok!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar