Resep Makanan Khas Manado

Sambal roa

Instagram.com/gguiditta
5 Resep Bumbu Legendaris Khas Manado, Bikin Masakanmu SpesialSambal roa terbuat dari perpaduan ikan roa dan bumbu lainnya yang membuat rasanya nikmat. Kamu dapat memadukan sambal ini pada makanan apapun sesuai seleramu. Yuk dibuat dengan resep ini.
Bahan-bahan :
  • 2 Ikan roa panggang
  • 20 cabai rawit merah besar
  • 5 cabai merah keriting
  • 1 tomat merah, potong kecil
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • 50 cc minyak sayur
Cara membuat :
  1. Haluskan ikan roa panggang yang sudah dipisahkan durinya. Lalu masak ikan roa yang sudah dihaluskan hingga harum. Kemudian sisihkan.
  2. Haluskan cabai rawit, cabai merah keriting, tomat merah, bawang merah, dan bawang putih. Lalu tumis hingga harum.
  3. Setelah sambal berwarna kecoklatan, masukan ikan roa tadi. Aduk hingga kering dan matang.
Bumbu Manado ini memiliki citarasa Indonesia yang khas. Kamu wajib mencobanya agar hidangan lauk paukmu lezat dan gurih. Selamat mencoba.

Klapertart

Klappertaart adalah ikon daerah Sulawesi Utara (Manado) juga telah masuk dalam Makanan Khas Nusantara bersama dengan 30 jenis makanan lainnya dari berbagai daerah. Saat ini Klappertaart sudah dikembangkan menjadi berbagai macam rasa atau flavor, ada rasa Durian, Chocolate, Keju, Rum Raisin, Blueberry, dan tentunya original. Di Manado sendiri Klappertaart sangat mudah didapatkan.
Nah segera saja Anda simak resep spesial Klappertaart khas Manado yang banyak digemari berikut ini:
Bahan-bahan :
4 kuning telur
150 gram gula pasir
75 gram tepung terigu
25 gram tepung maizena
1 sendok teh rhum
2 sendok makan margarin (dilelehkan)
100 ml air kelapa muda
2 putih telur
30 gram gula pasir
50 gram kenari (dicincang kasar)
50 gram kismis
1 butir kelapa yang masih muda (kerok dagingnya)
Cara Membuat Kue Klappertaart Panggang Khas Manado:
1. Kocok lah kuning telur beserta gula pasir hingga mengembang, lalu masukkan tepung terigu yang sudah diayak bersama dengan tepung maizena. Berilah rhum, margarin serta air kelapa, aduk-aduk hingga rata lalu sisihkan.
2. Kocok lah putih telur bersama dengan 30 gram gula pasir hingga adonan kaku serta gula pasir larut. Campurkanlah ke dalam adonan klappertaart. Tuangkan ke dalam pinggan tahan panas yang sudah diolesi dengan margarine dengan volume kira-kira 3/4 pinggan.
3. Berikanlah daging buah kelapa yang sudah dikerok, cincangan kenari serta kismis diatas permukaan adonan. Selanjutnya pangganglah adonan selama kira-kira 40 menit atau kira-kira hingga matang, lalu setelahnya keluarkan kue dan dinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar