Makanan Khas Makasar

Coto Makassar

Ada yang kurang kalau kamu jalan-jalan ke Sulawesi Selatan tanpa mencoba Coto Makassar. Makanan khas Makassar ini memang memberikan kesan mendalam bagi siapa pun yang pernah menikmatinya. Hidangan ini kaya rempah, yang menjadikan rasanya ‘sangat renyah’ dan akan memberikan kesan mendalam kepada siapa pun pennikmatnya.

Di Makassar, ada beberapa tempat yang direkomendasikan jika kamu tertarik mencoba kuliner ini. Salah satunya, Coto Nusantara dimana kuliner ini disajikan dengan kuah kental dan potongan daging besar, plus ekstra daun bawang dan bawang goreng yang disajikan terpisah. Lokasinya juga masih dekat dengan Pantai Losari, lho!

Lokasi: Jl. Nusantara Baru No.142, Ende, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Jam buka: Setiap hari, mulai dari 06.30 hingga 18.00 WITA
Harga: Mulai dari 15,000 IDR per porsi

Konro

Makanan khas Makassar ini tidak pas untuk para vegan ataupun vegetarian. Maklum, bahan dasarnya adalah iga dan daging sapi yang direbus bersama kayu manis, air asam jawa dan beragam bahan lain, termasuk kluwak, yang biasa dijadikan bumbu dasar untuk rawon Jawa Timur. Sajian sup kaya rempah ini sangat nikmat dicicipi saat panas.
Ingin cari tempat terbaik menikmati hidangan Konro ini? Konro Karebosi adalah jawabannya. Saking terkenalnya, tidak sedikit selebriti, poltisi dan public figure lain yang terlihat di sini. Itu juga sekaligus menjadi petunjuk buat kamu, untuk bersiap-siap antri karena ramainya pengunjung.
Lokasi: Jalan Gunung Lompo Battang No.41-43, Pisang Utara, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Jam buka: Setiap hari, mulai dari 10.00 hingga 22.00 WITA
                                                      Harga: Mulai dari 30,000 IDR per porsi

Pisang Epe

Makanan khas Makassar dari bahan pisang kepok ini begitu ikonik. Pisang kepok setengah masak dibakar di atas bara api hingga harum, dibelah dan ditekan hingga pipih, kemudian dibakar kembali. Tambahkan topping campuran gula merah dan air daun pandan juga garam, serta durian, jika ada, maka kamu akan mendapatkan camilan dengan rasa istimewa.


Momen paling pas menikmatinya saat sore hingga malam, sementara tempat ideal untuk mencoba dessert Makassar ini adalah di sepanjang pantai Losari. Meski banyak penjual yang menjajakan camilan ini, kualitas rasanya hampir sama, dan enak semua. Slurp!
Lokasi: Jalan Penghibur, Losari, Maloku, Ujung Pandang, Maloku, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Jam buka: Setiap hari, 16.00 hingga 24.00 WITA
Harga: Mulai dari 10,000 IDR hingga 12,000 IDR per porsi

 Burasa

Burasa, sajian yang mirip lontong ini, terbuat dari beras dengan tekstur lembut dan dibungkus daun pisang muda. Burasa dihidangkan dengan taburan bumbu kelapa kering, garam, gula dan cabai.

Tidak sulit menemukan ‘lontong ala Makassar’ ini. Kamu bisa mencarinya di pasar atau tempat penjual kue dan makanan. Bagi kamu yang ingin segera merasakan Burasa, Bakso 33 Makassarsiap menyajikannya.

Lokasi: Jl. Bete-Bete No.35, Barana, Kec. Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Jam buka: Setip hari, mulai dari 07.30 hingga 20.00 WITA
                                                      Harga: Mulai dari 5,000 IDR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar