Oleh-Oleh Khas Papua

Alat Musik Tifa


Tifa juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Papua yang berbentuk alat musik. Alat musik Tifa Papua terbuat dari kulit untuk bagian atasnya. Sedangkan bagian bawahnya terbuat dari kayu yang diukir. Bentuknya sangat unik dan bervariasi misalnya satu set alat musik tifa ada ukuran besar, medium, dan kecil. Nah anda bisa membeli satu seti alat musik tifa yang bisa dipajang di lemari kesayangan atau bisa digantung. Datang saja ke pasar Hamadi Jayapura untuk membeli oleh-oleh satu ini. Disana anda juga bisa membeli souvenir lainnya dimulai dari tarif murah hingga mahal.

Mutiara

Mutiara adalah oleh-oleh khas Papua yang paling laris. Papua salah satu wilayah Indonesia yang menghasilkan banyak Mutiara bahkan sudah menjadi produk unggulan atau matapencaharian penduduk. Selain itu Mutiara ini banyak diimpor ke Jepang, Australia dan Singapura. Mutiara terbaik dihasilkan di Laut Selatan Raja Ampat diakui dunia paling berkualitas. Selain snorkling di Raja Empat, anda juga bisa melihat budidaya Mutiara disini. Setiap 6 bulan sekali mutiara yang berhasil dipanen di Raja Ampat sebanyak 150 ribu butir. Bagi anda yang ingin membeli Mutiara, datang langsung ke Raja Ampat, karena disana merupakan pusat produksi Mutiara. Harga Mutiaara berkisar 40-500 ribu rupiah sesuai dengan ukuran dan kualitasnya.

Batik Papua

Kalian tidak menyangka bahwa Papua juga memproduksi batik dengan motif yang khas. Batik Papua menjadi salah satu oleh-oleh yang diburu oleh wisatawan. Motif batik ala Papua sangat identik dengan burung cendrawasih. Warna batik yang mencolok sangat memberikan kesan tersendiri yang terlihat penuh dengan kebahagian bagi siapa saja yang mengenakannya. Selain bermotif burung cendrawasih, ada juga motif yang mengusung budaya suku Asmat. Nuansa batik ini sangat khas dengan warna terakota dan tanah. Dimana tempat membeli batik Papua? Anda bisa datang ke Jl Sam Ratulangi kecamatan Klasuur sorong. Di tempat ini anda bisa menemukan desain batik lokal bergaya modern. Jenis kain batik disini juga bermacam-macam dari batik tulis hingga batik printing.

Noken

Apakah anda tahu Noken? Ini adalah tas buatan asli Papua dan hanya bisa ditemukan disana. Tas Noken dibuat dengan cara dirajut dengan benang dan tidak membutuhkan waktu yang lama bagi pengrajin untuk menyelesaikannya. Cara mengenakan tas ini juga sangat unik yaitu dengan cara meletakan sandangannya di kepal. Sangat unik bukan? UNESCO sudah mengakui tas Noken selain oleh-oleh khas Papua, dan menjadi warisan dunia. Dari zaman dahulu orang asli Papua menggunkan Noken untuk membwa umbi-umbian, dan sekarang disulap menjadi oleh-oleh nan unik dan terlihat lebih modern. Untuk membeli tas Noken siapkan budget anda dimulai dari 100-500 ribu per item. Kunjungi gerai Lion Art, karena disana paling rekomended yang menjajal tas dengan varisi desain yang keren abis.

Ukiran Kayu

Khas Papua Papua memiliki hutan yang sangat luas dibandingkan dengan pulau Kalimantan. Oleh-oleh khas Papua yang juga sangat direkomendasikan yaitu ukiran dari kayu. Oleh-oleh khas Papua ini juga unik yang diukir diatas kayu atau kulit kayu. Jika anda ingin membeli ukiran
kulit kayu khas Papua, tidak lengakap jika anda tidak membeli sekalian topi bulu khas suku Asmat. Souvenir ini bisa anda pajang di rumah dan tentunya akan membuat rumah anda bernuansa curistic. Cari desain kayu yang unik dan kayunya juga berkualitas agar tidak mudah rusak dan lapuk. Harga pernak-perniki ini bisa mencapai jutaan rupiah. Anda bisa mengunjungi toko souvenir paling populer seperti Lio Art Papua yang berlokasi di jalanMerdeka Kota, Manokwari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar