Wisata Papua

Raja Ampat     

Tempat wisata di Papua pertama yang sudah tidak asing adalah Raja Ampat. Pesona keindahan Raja Ampat memang sudah cukup populer di kalangan pelancong, baik yang datang dari Indonesia maupun mancanegara. Raja Ampat merupakan daerah yang terdiri dari gugus-gugus pulau kecil dan besar yang terbentang sangat elok dengan keindahannya.

Kawasan Raja Ampat ini terdiri dari empat pulau besar, yaitu Waigeo, Misool, Salawati, batanta, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Selain gugusan pulaunya yang indah, Raja Ampat juga memiliki ragam kekayaan biota laut yang bisa kamu nikmati saat menyelam. Selama menyelam, kamu akan ditemani sekitar 1.511 jenis ikan dan penyu laut.
Waktu terbaik untuk menyelam di sini adalah pada bulan Oktober dan November.

 Pada bulan-bulan ini cuaca sedang bagus dan air sangat jernih, sehingga jarak pandang saat menyelam sangat ideal.
Tapi, buat kamu yang tak ingin menyelam, kamu bisa menikmati keindahan Raja Ampat dengan cara lainnya. Ya, kamu bisa melakukan trekking di setiap pulau-pulau yang ada. Tak perlu takut tersesat, karena kamu bisa menggunakan jasa pemandu. Pemandu yang ada di tempat wisata ini adalah warga setempat yang sehari-harinya berprofesi sebagai nelayan.

Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Tempat wisata di Papua yang memiliki pemandangan alam eksotis selanjutnya adalah Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Taman nasional ini hampir seluruhnya berupa perairan. Maka enggak heran kalau Taman Nasional Teluk Cenderawasih ini menjadi kawasan konservasi laut terbesar dan terluas di Indonesia.

Tempat wisata ini sangat cocok bagi kamu yang suka diving. Pasalnya, di sini terdapat beragam flora dan fauna bawah laut yang sangat menarik. Ya, di sini terdapat ratusan jenis moluska dan ikan. Tak jarang kura-kura, penyu, hiu, dan lumba-lumba juga ikut menemani kamu saat menyelam.
Tidak hanya menikmati keindahan alam bawah lautnya saja, di sini kamu juga bisa menjelajahi pulau-pulaunya. 

Kamu bisa ke Pulau Mioswaar, yang merupakan salah satu pulau di tempat wisata Papua yang memiliki gua dengan sumber air panad dengan kandungan belerang yang layak untuk dikunjungi.
Tak hanya Pulau Mioswaar, ada juga Pulau Yoop, Pulau Numfor, Pulau Nusrowi, dan pulau-pulau lainnya yang enggak boleh kamu lewatkan untuk dikunjungi. Secara admistratif, tempat wisata ini berada di dua kabupaten, yaitu Wondama dan Nabire.
Selain dinikmati untuk diving dan menikmati keindahan setiap pulaunya, taman nasional ini juga biasa dijadikan sebagai pusat penelitian hiu paus atau whale shark yang dilakukan pemrintah yang bekerjasama dengan LSM dakam dan luar negeri.


Danau Sentani
Danau sentani merupakan danau terbesar di Papua dengan luas mencapai 9.000 hektar. Danau ini memiliki keindahan yang memesona dan menarik untuk kamu lihat, terutama pemandangan pulau berwarna hijau muda yang berdiri kokoh mengelilingi Danau Sentani. Jika kamu ingin menikmati pesona danau ini secara maksimal, maka sangat disarankan untuk menyewa perahu yang ada di sekitar danau. Nah, kalau sudah merasa capek dan lapar, kamu bisa mengisi perutmu dengan ragam sajian kuliner yang bisa  dibeli di pesisir danau.

tempat wisata di papua
Tak hanya Pulau Jawa yang menyimpan berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Faktanya, di kawasan timur Indonesia, tepatnya di papua, juga memiliki beberapa tempat wisata yang indah dan menarik. Beberapa diantaranya adalah 5 tempat wisata di papua tadi yang cocok kamu tandangi saat liburan nanti.




Desa Sauwandarek






tempat wisata di papua
Kamu yang tengah berkunjung ke Raja Ampat, jangan lupa untuk ikut bertandang juga ke Desa Sauwandarek. Pasalnya, ada objek wisata Desa Sauwandarek yang masih ditempati oleh suku asli pesisir Papua yang bisa kamu kunjungi. Di desa ini kamu bisa meluangkan waktu untuk berinteraksi dengan penduduk setempat atau membeli kerajinan asli penduduk yang berupa tas dan topi dari daun pandan laut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar